Kamis, 24 Januari 2013

manfaat rendah hati dari padi


Manfaat rendah hati dari padi


Zaman sekarang banyak yang sudah melupakan pentingnya sikap rendah hati sebagai kunci Utama dalam kehidupan, kebanyakan orang lebih suka menyombongkan kemampuannya bahkan malu untuk mengakui kesalahannya. 

Dulu sewaktu kecil banyak orang tua yang mengatakan bahwa kita ini harus belajar dari padi, semakin lama padi yang berisi akan merunduk, sedangkan yang tidak akan tegak berdiri. Ibarat padi begitulah juga manusia, manusia yang berilmu pasti akan merasa kurang akan ilmu yang dia miliki sehingga dia merasa tak berhak untuk menyombongkan diri sedangkan yang tidak akan merasa sok tahu agar dia mendapat pujian yang bersifat semu semata.

          Oke kawan blogger yang setia, sejenak renungkanlah apa manfaat sikap rendah hati bagi kehidupan kita? Dalam kehidupan ini rendah hati ibarat harta yang lebih berharga daripada segudang emas dan sebongkah berlian, dengan rendah hati seseorang bisa mengoreksi kesalahan-kesalahan yang telah dialami dan mau belajar kepada yang lebih mampu untuk membantunya, dan hal itu akan membuat keadaan menjadi lebih baik. Semua sikap-sikap mulia dalam perbuatan  diawali dari sikap rendah hati, tengoklah orang yang sabar, orang yang bijaksana pasti adalah orang yang rendah hati dulunya, jika ia tidak rendah hati maka ia pasti bukanlah seorang yang bijaksan dan sabar. 

        Karena jika seseorang tinggi hati maka ia akan mudah sekali untuk mengabaikan kepentingan orang lain dalam hidupnya dan memilih untuk terus membahagiakan tubuh dan dirinya sendiri saja, tentulah ia akan dibenci oleh orang lain juga. Saya juga teringat akan Koran yang pernah saya baca yang mengutip perkataan bos tjiwi kimia yang mengatakan bahwa dia pernah diceramahi oleh seorang sarjana magister yang baru lulus pascasarjana tentang strategi ke depan dan hal-hal yang yang harus dia lakukan agar usahanya dapat maju. Bos tjiwi kimia itu mendengarkan saja perkataan lulusan pascasarjana itu dan mengiyakannya. Dari sini dapat kita ambil pelajaran bahwa orang sukses itu jugalah harus mempunyai sikap yang rendah hati, bahkan harus mau mendengarkan dan memperhatikan perkataan orang lain yang derajatnya berada dibawah dia sekalipun.

         Jadi apa yang kita tunggu kawan belajarlah rendah hati mulai dari sekarang juga, kalau jika tidak, kapan lagi kebaikan itu akan ada pada diri kita, dan dari rendah hati inilah juga kita akan membangun bangsa Indonesia ini menjadi bangsa yang maju dan bermartabat di muka dunia. Akhir kata jika anda ingin sukses dan berguna belajarlah rendah hati sekarang juga dan haruslah ada aplikasinya juga di kehidupan nyata. Misalnya sebgai mahasiswa kita harus tekun belajar karena ketidakmempuan kita, oke semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar